Bersama Yunita Septiana (Penulis)
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita.

Memahami Hormon Tidak Seimbang Penyebab Haid Tidak Teratur

mengatasi-hormon-tidak-seimbang

Seperti kita ketahui di artikel sebelumnya, hormon estrogen sangat mempengaruhi kesuburan dan siklus haid kita.

Bersamaan dengan hormon Progesteron, kedua hormon ini saling membantu satu sama lain didalam tubuh kita, untuk mengatur sistem reproduksi dalam mempersiapkan  terjadinya kehamilan, termasuk didalamnya mengatur siklus haid.

Nah, bila salah satu atau kedua hormon ini bermasalah baik itu terlalu tinggi atau terlalu rendah bun, maka bermasalah pula lah, siklus haid dan kesuburan kita.

Dan saat siklus haid kita terganggu, baik itu terlalu cepat datang atau bahkan terlambat datang setiap bulan, maka akan sulit pula mencari masa subur anda.

Untuk itulah keseimbangan antara kedua hormon ini, sangatlah penting.

Dan lewat artikel ini kita akan belajar memahami lebih dalam, tentang hormon tidak seimbang, yang menjadi penyebab haid tidak teratur =)

Lanjutkan membaca.

Apa Itu Hormon Kesuburan

Didalam tubuh kita bun, terdapat banyak hormon yang mengatur fungsi tubuh kita. Bahkan dalam sistem reproduksi kita, juga diatur oleh hormon.

Sistem reproduksi dan kesuburan kita ( termasuk didalamnya mengatur siklus haid dan kelancaran menstruasi ), di atur oleh 2 jenis hormon.

Hormon itu adalah hormon progesteron dan hormon estrogen.

Kedua hormon ini, bersama-sama saling membantu mengatur sistem reproduksi kita, untuk mempersiapkan tubuh memulai proses reproduksi manusia.

Peran Hormon Dalam Kesuburan dan Kehamilan

peran-hormon-untuk-kehamilan

Sistem reproduksi kita hampir semuanya diatur oleh hormon, yaitu hormon estrogen dan progesteron ini.

Kedua hormon ini, bersama-sama saling membantu mengatur sistem reproduksi kita, mulai dari memulai masa subur, mengatur ovulasi dan pelepasan sel telur, menebalkan dinding rahim (endometrium), dan memicu terjadinya menstruasi.

Tubuh secara alami memproduksi hormon estrogen, dan saat hormon ini mulai diproduksi maka dimulailah fase masa subur anda, karena hormon estrogen ini juga akan memicu pematangan sel telur.

Saat masa subur dimulai, hormon estrogen akan naik secara perlahan, bersamaan dengan hormon progesteron yang juga naik dibawahnya.

Naiknya hormon ini, akan memicu folikel pada ovarium, untuk melepaskan sel telur yang telah matang, dan memicu penebalan pada dinding rahim sebagai persiapan tempat untuk sel telur yang telah dibuahi untuk tumbuh dan berkembang.

Begitu terjadi ovulasi, maka hormon progesteron akan meningkat dan menjadi penanda bahwa telah terjadi ovulasi atau pelepasan sel telur yang telah matang dari ovarium.

Jika sel telur ini dibuahi oleh sperma dan menjadi embrio lalu menempel pada dinding rahim, maka hormon estrogen dan progesteron ini akan tetap tinggi, dan mencegah terjadinya ovulasi lanjutan, agar embrio dapat berkembang menjadi janin.

Tapi jika tidak terjadi pembuahan, maka baik estrogen atau progesteron akan menurun, lalu memicu luruhnya dinding lapisan darah pada rahim, dan menandai dimulainya proses “Menstruasi”.

Jika produksi hormon estrogen dan progesteron ini terganggu, maka siklus kesuburannya juga akan terganggu.

Gangguan ini dapat berupa haid tidak teratur, menstruasi tidak lancar, darah haid sedikit atau terlalu banyak, haid 2x dalam sebulan atau bahkan berbulan-bulan tidak haid, dan semacamnya.

Untuk itulah penting menjaga agar keseimbangan kedua hormon ini selalu terjaga.

Penyebab Hormon Tidak Seimbang

penyebab-hormon-tidak-seimbang

Nah, untuk menjaga keseimbangan hormon ini kita harus tahu dulu apa penyebabnya hormon ini dapat menjadi tidak teratur.

Dengan mengetahui berbagai penyebab ini, diharapkan dapat menghindari hal hal yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon ini di masa depan.

Nah, berikut ini beberapa hal utama yang memberi andil dalam merusak keseimbangan hormon anda :

OBESITAS

wanita-gemuk-obesitasSaat tubuh terlalu gemuk atau kelebihan berat badan bun, maka tubuh akan memproduksi hormon estrogen lebih banyak diatas kebutuhan.

Kadar estrogen yang terlalu tinggi ini, dapat memicu masalah yang berkaitan dengan kesuburan dan siklus haid.

Orang yang berat badannya naik secara signifikan, akan mulai memproduksi hormon ini dan hal ini terjadi baik pada pria atau wanita.

Produksi hormon estrogen yang terlalu tinggi pada pria, dapat mengubah fisik tubuh pria menjadi seperti wanita.

Ikuti 6 langkah saya untuk menurunkan berat badan ini, untuk berat badan lebih seimbang.

ANOREXIA

anorexiaAnorexia adalah kondisi dimana tubuh terlalu kurus, baik karena penyakit atau karena alasan khusus seperti diet ekstrim dan semacamnya.

Serupa dengan obesitas dimana tubuh terlalu gemuk, anorexia atau tubuh terlalu kurus juga secara langsung mempengaruhi produksi hormon.

Tubuh yang terlalu kurus dapat kehilangan lemak dan hal ini dapat menghambat proses menstruasi bahkan dapat terjadi resiko menstruasi berhenti atau terlambat sampai berbulan-bulan.

STRESS

wanita-stressMungkin tidak anda sadari tapi setiap pikiran negatif yang menyebabkan anda stress baik itu stress ringan atau stress berat, memicu tubuh memproduksi hormon “kortisol” didalam tubuh anda.

Hormon kortisol ini berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan tubuh selama periode stress.

Oleh karena itu  hormon kortisol ini juga sering disebut dengan hormon stress.

Nah permasalahannya adalah, sekresi kortisol berkepanjangan menyebabkan hipoglikemia dan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh serta menaikkan berat badan dan memicu nafsu makan.

Dan saat berat badan naik, …. maka produksi hormon estrogen juga akan ikut meningkat.

Inilah alasan kenapa wanita yang stress, umumnya lari ke makan dan endingnya naik berat badan.

ALAT KONTRASEPSI HORMONAL

alat-kbAlat kontrasepsi yang hormonal umumnya berisi hormon estrogen, yang dipakai untuk menjaga kadar estrogen dalam tubuh tetap tinggi (dalam batas aman), dan menipu tubuh agar tidak terjadi ovulasi.

Nah, pemakaian alat kontrasepsi yang berkepanjangan dapat memicu tubuh menjadi “terbiasa” dengan tingginya hormon estrogen dalam tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan hormon estrogen dalam tubuh, lama sekali normalnya meski alat kontrasepsi ini telah dilepas atau dihentikan pemakaiannya.

Umumnya hanya dibutuhkan beberapa bulan untuk mengembalikan kadar hormon estrogen dan memicu ovulasi dan menstruasi.

Tapi pada beberapa kasus, dibutuhkan waktu lebih lama ( antara 6 – 12 bulan ), sampai hormon benar benar kembali seimbang.

Untuk itulah penting dalam memilih alat kontrasepsi yang cocok dan tepat untuk anda.

Jangan asal menggunakan pil KB tanpa konsultasi dokter dan menggunakannya dengan alasan yang kurang tepat, misalnya menggunakan pil KB agar cepat hamil.

Ini kurang benar.

AKTIFITAS BERLEBIHAN

aktifitas-berlebihanAktifitas yang berlebihdan dan menimbulkan rasa capek pada tubuh, dapat mempengaruhi kinerja kelenjar hippotalamus anda.

Kelenjar hippotalamus salah satunya berfungsi sebagai inisiator atau pemicu dari diproduksinya hormon estrogen dan progesteron secara tidak langsung.

Jadi bila kelenjar ini bermasalah, secara otomatis produksi hormon estrogen dan progesteron juga akan terganggu, yang endingnya juga akan mempengaruhi kesuburan dan siklus haid anda.

GANGGUAN KELENJAR TIROID

gangguan-kelenjar-tiroidKelenjar tiroid secara umum memproduksi hormon tiroid yang memiliki fungsi mengatur berbagai sistem tubuh seperti kerja jantung dan proses sirkulasi darah.

Selain itu kelenjar tiroid juga berkaitan dengan produksi dan kerja dari hormon estrogen.

Saat kelenjar ini terganggu, maka produksi hormon estrogen juga akan terganggu.

8 Cara Menyeimbangkan Hormon Secara Alami

Meski anda memiliki keseimbangan hormon yang terganggu, ada beberapa jalan yang bisa ditempuh untuk mengembalikannya bun.

Perlu digarisbawahi bahwa cara ini tidak instant, dan tidak mungkin instant karena ketidakseimbangan hormon juga tidak terjadi secara instant.

Lakukan beberapa atau semua dari cara dibawah ini untuk membantu mengembalikan keseimbangan hormon anda.

1 Makan Lemak Yang Sehat ( Termasuk Minyak Kelapa dan Alpukat )

alpukat

Memakan banyak sumber makanan yang mengandung asam lemak baik itu yang kandungannya rendah, sedang dan tinggi bun, adalah salah satu cara menjaga keseimbangan hormon anda tetap baik.

Tubuh anda membutuhkan banyak jenis lemak untuk menciptakan hormon, termasuk diantaranya lemak jenuh, dan kolesterol ( ya benar, kolesterol ).

Tidak hanya jenis lemak ini penting untuk memproduksi hormon, mereka juga mengurangi resiko peradangan, meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan.

Beberapa sumber lemak anti inflamasi, diantaranya: minyak kelapa, alpukat, mentega, dan ikan salmon segar.

Minyak kelapa memiliki anti bakteri natural dan efek membakar lemak alami. Sementara alpukat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan inflamasi atau peradangan, mengontrol nafsu makan dan menjaga kadar suplai serat harian anda.

Nutrisi salmon juga sangat baik, salah satu sumber asal lemak omega-3 yang terbaik.

2. Menggunakan Suplemen Dengan Herbal Adaptogen

ginseng

Herbal adaptogen adalah herbal yang unik yang mendukung keseimbangan hormon dan melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit yang ditimbulkan oleh stress yang berlebihan.

Salah satu yang terbaik adalah “Ginseng”

Selain meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan stress, penelitian menunjukkan bahwa berbagai herbal adaptogen seperti ashwagandha, jamur obat dan rhodiola dan kemangi dapat :

  • Meningkatkan fungsi kelenjar tiroid
  • Menurunkan kolesterol secara alami
  • Menurunkan rasa cemas dan depresi
  • Mengurangi penurunan sel otak
  • Menjaga kadar gula darah dan insulin
  • Mendukung fungsi kelenjar adrenal

Jadi jangan pandang sebelah mata, berbagai obat herbal yang ada disekitar kita =)

3. Menyeimbangkan Suplai Asam Lemak Omega-3 dan Omega-6

asam-lemak-omega-3

Asam lemak omega-3 adalah komponen membran sel dan sangat penting untuk komunikasi antar sel didalam otak.

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 membantu kinerja otak yang mempengaruhi produksi hormon.

Asam lemak omega 3 dapat didapatkan pada ikan dari perairan dingin seperti tuna, salmon dan sarden.

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

menjaga-usus-besar

Kesehatan usus tidak hanya mempengaruhi sistem pencernaan, tapi juga mempengaruhi produksi hormon.

Pastikan anda menghindari berbagai makanan yang dapat mengganggu kinerja usus dan sistem pencernaan, termasuk diantaranya makanan olahan yang tidak alami dan kembali ke sumber makanan yang lebih alami dan natural.

Semua jenis makanan yang tidak alami, dapat masuk ke dalam peredaran darah dan mengakibatkan berbagai jenis masalah seperti tumor, kanker, dan secara langsung akan mempengaruhi keseimbangan hormon anda.

5. Mengurangi Stress dan Mendapatkan Istirahat Cukup

tidur-dan-istirahat-cukup

Jika anda bisa tidur selama 7-8 jam sehari, maka itu sudah cukup baik. Kekurangan waktu tidur adalah kebiasaan buruk yang akan mengganggu keseimbangan hormon anda.

Bagaimana bisa ?

Karena hormon anda bekerja sesuai jadwal, misalnya hormon kortisol, hormon yang biasa disebut hormon stress, diatur pada tengah malam.

Oleh karena itu, orang yang tidur lewat tengah malam, akan kesulitan untuk menghindari efek negatif dari stress.

Kekurangan tidur pada jangka panjang, adalah salah satu sumber terbesar naiknya hormon kortisol penyebab stress.

Tidur membantu menjaga hormon stress tetap terjaga dan seimbang, meningkatkan energi dan memberi waktu tubuh untuk memulihkan kondisi.

Stress yang berlebihan dan kekurangan tidur, sering dikaitkan dengan naiknya hormon kortisol, penyakit imunitas, performa saat bekerja, naiknya berat badan dan depresi.

Untuk memaksimalkan fungsi hormon, idealnya anda harus tidur mulai jam 10 malan, dan menjaga jadwal tidur ini setiap hari sebagai bagian dari gaya hidup.

6. Stop Alkohol dan Kaffein

kafein-mempengaruhi-hormon

Adakah kaitan antara kafein dengan masalah kesuburan?

Kafein pada jumlah kecil mungkin aman bagi sebagian orang, tapi meminum kafein terlalu banyak sama tidak baiknya dengan tidak mendapatkan tidur yang cukup bun.

Kafein, dapat membuat sistem tubuh anda terjaga selama 6 jam, meningkatkan denyut jantung, meningkatkan kewaspadaan, dan mengubah cara otak anda memproduksi hormon.

Kafein juga mempengaruhi pada hormon stress yang lain seperti produksi hormon adrenalin.

7. Gunakan Vitamin D3

Vitamin D dapat berfungsi seperti semacam hormon didalam tubuh dan memiliki pengaruh untuk menurunkan level inflamasi tetap rendah.

Inilah mengapa orang yang hidup di wilayah yang gelap terkadang menderita masalah depresi dan berbagai masalah lain kecuali mereka mendapatkan suplai vitamin D.

Cahaya matahari pagi adalah sumber vitamin D terbaik karena kulit pada dasarnya memproduksi vitamin D sendiri saat terpapar oleh sinar matahari pagi.

8. Stop Penggunaan Alat KB

stop-alat-kb-hormonal

Secara simpel, pil KB adalah tipe terapi  hormon yang meningkatkan level hormon estrogen yang mana dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Saya rekomendasikan untuk tidak menggunakan pil KB kecuali terpaksa karena ada banyak cara KB lain yang lebih aman selain menggunakan pil KB.

Penelitian menunjukkan bahwa resiko jangka panjang penggunaan pil KB dapat berupa :

  • Pendarahan diantara siklus haid
  • Meningkatkan resiko kanker payudara
  • Meningkatkan risiko perdarahan uterus, pembekuan darah, serangan jantung dan stroke
  • Migrain
  • Meningkatkan tekanan darah
  • Meningkatkan Berat Badan
  • Sakit Punggung
  • Perubahan Mood
  • Mual
  • Nyeri Payudara

Jadi jangan gunakan pil KB untuk jangka panjang, dan beralihlah ke cara KB yang lebih aman.

Yang Perlu Diingat Tentang Hormon Tidak Seimbang

Pada beberapa kasus, pengobatan hormonal secara sintetis seperti insulin atau pengobatan tiroid, dibutuhkan untuk mengatasi masalah hormon yang tidak seimbang bun.

Namun kebanyakan orang merasakan perubahan yang lebih positif dan baik, cukup dengan mengubah pola makan dan gaya hidup, tanpa bantuan pengobatan medis.

Memang hal ini bisa jadi tantangan terutama bagi yang belum terbiasa melakukannya.

Ikuti 6 langkah saya menurunkan berat badan ini, untuk membantu anda berlatih memulai diet sehat mengubah pola makan dan gaya hidup.

Cara alami diatas, dapat membantu anda mengatasi permasalah hormonal anda, namun bukan berarti cara alami ini harus menggantikan pengobatan secara medis bila sudah parah.

Keduanya sebaiknya berjalan beriringan dan saling melengkapi.

Nah, jika hormon anda saat ini tidak seimbang, anda tahu harus bagaimana =)

Ada pertanyaan dari anda bun, silakan tulis di komentar.


Review Buku - Tips Hamil dr Rosdiana Ramli SpOG
Konon buku ini telah memandu banyak ibu untuk cepat hamil. Saya membelinya dan mereview buku ini untuk anda.
Klik disini untuk mengetahui seperti apa isinya!

2 thoughts on “Memahami Hormon Tidak Seimbang Penyebab Haid Tidak Teratur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *