Bersama Yunita Septiana (Penulis)
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita.

Cara Meningkatkan Hormon Testosteron Suami Secara Alami

cara meningkatkan hormon testosteron

Di artikel sebelumnya tentang 9 makanan penyubur sperma dengan kandungan zinc paling besar bun, telah saya singgung bahwa zinc dan testosteron adalah 2 hal yang dibutuhkan tubuh suami untuk memproduksi sperma yang berkualitas.

Dan kali ini kita akan pelajari, apa itu testosteron, bagaimana peran sertanya dalam produksi sperma serta bagaimana cara meningkatkan produksinya secara alami =)

Jika hormon testosteron ini lancar dirproduksi dan banyak, maka suami akan menjadi lebih jantan disemua bidang, termasuk secara kepemimpinan, sikap dan … ya bahkan di atas ranjang =)

Oleh karena itu penting sekali untuk mengembalikan kualitasnya, bila promil anda bermasalah karena sperma yang kurang berkualitas.

Kita mulai.

Apa Itu Testosteron

apa-itu-testosteron

Testosteron adalah hormon steroid dari kelompok androgen dan dihasilkan secara exclusive baik testis pada pria serta indung telur (ovari) pada wanita bun.

Hormon ini adalah hormon seks jantan utama dan memegang peranan penting pada kesehatan pria.

Fungsi hormon testosteron ini diantaranya adalah meningkatkan libido / hasrat seksual, pemicu energi, fungsi imunitas dan menguatkan tulang dari serangan osteoporosis.

Meski hormon ini diproduksi baik oleh pria dan wanita, namun berbeda porsinya.

Secara umum, Pria dewasa menghasilkan hotmon testosteron ini, sebanyak 20x LEBIH BANYAK dari pada kita para wanita.

Fungsi Hormon Testosteron Untuk Kesuburan

Hormon testosteron ini merupakan salah satu elemen penting dalam pembentukan dan produksi sperma pada pria.

testosteron-dan-produksi-sperma

Dengan kadar yang cukup, maka produksi sperma suami akan optimal dan sperma yang dihasilkan juga memiliki kualitas tinggi.

Dan dengan sperma yang berkualitas, tentunya akan memiliki kemampuan berenang yang baik, dan jumlah yang cukup untuk mencapai sel telur =)

Kadar testosteron yang tinggi, juga meningkatkan libido suami, sehingga meningkatkan kuantitas hubungan badan anda selama promil, sehingga peluang kehamilan juga menjadi lebih tinggi.

Bila hormon ini berkurang, disamping akan mengganggu produksi sperma dan kesuburan, juga akan berimbas pada hal lain pada tubuh, karena hormon ini juga dibutuhkan untuk kesehatan bagian tubuh yang lain seperti kepadatan tulang dan pertumbuhan rambut.

Tapi jangan khawatir bun, karena penurunan hormon testosteron pada suami, dapat diketahui dengan berbagai tanda.

Tanda Menurunnya Hormon Testosteron

Ada banyak hal yang terjadi sebagai tanda menurunnya hormon testosteron ini pada pria. Beberapa hal diantaranya bahkan bisa langsung anda ketahui dan pastikan sendiri.

Berikut diantaranya :

DISFUNGSI EREKSI

disfungsi-ereksiTestosteron menstimulasi daya seksual pria, dan membantu pria dalam mencapai ereksi yang maksimal.

Testosteron sendiri bukanlah satu satunya hormon yang memicu ereksi, namun testosteron menstimulasi reseptor di otak untuk memproduksi oksida nitrat, sebuah molekul yang memicu timbulnya ereksi.

Jika kadar testosteron terlalu rendah, pria dapat memiliki kesulitan untuk ereksi dan mengganggu proses hubungan badan sehingga menghambat promil.

RAMBUT RONTOK

rambut-rontok-pada-priaSelain menstimulasi ereksi, testosteron juga memiliki andil pada fungsi tubuh yang lainnya, termasuk pada pertumbuhan rambut.

Kebotakan adalah hal yang wajar pada pria yang memasuki usia lanjut.

Namun, pria dengan hormon testosteron yang rendah, bisa jadi akan kehilangan rambut atau mengalami kerontokan rambut pada tubuh atau wajah, lebih dini dari sewajarnya.

LEMAK TUBUH MENINGKAT

lemak-tubuh-meningkatHormon testosteron yang menurun juga bisa ditandai dengan naiknya berat badan pria dengan menumpuknya sejumlah lemak pada beberapa bagian tubuh, terutama perut dan pinggang bun.

Namun hal yang paling jelas bun, pada pria akan terjadi sebuah fenomena yang disebut dengan “gynecomastia”, atau payudara pria akan membesar dan lembek, yang umum tampak pada pria yang gemuk.

Fenomena ini masih diteliti sampai saat ini, dan rendahnya hormon testosteron, sangat terkait dengan hal ini.

TULANG LEMAH / OSTEOPOROSIS

tulang-lemahOsteoporosis sering di kaitkan dengan wanita, namun pria dengan kadar hormon testosteron yang rendah, juga dapat terserang osteoporosis, karena hormon ini juga memiliki andil dalam penguatan tulang.

Pria dengan hormon testosteron yang rendah terutama pria yang memasuki usia lanjut, akan lebih mudah terserang osteoporosis.

HASRAT SEKSUAL MENURUN

hasrat-seksual-menurunTestosteron sangat berperan sebagai pemicu hasrat seksual baik pada pria atau wanita.

Pria secara alami akan mengalami penurunan hormon testosteron seiring usianya bertambah, dan keadaan ini akan ikut menurunkan hasrat seksualnya secara drastis.

MANI ENCER

mani-encerSeperti kita bahas sebelumnya di artikel tentang makanan penyubur sperma, hormon testosteron dibutuhkan pada produksi cairan semen, yaitu cairan yang dikeluarkan suami saat mengalami ejakulasi, dan sebagai media berenang sperma.

Semakin banyak seorang pria memiliki hormon testosteron, semakin banyak pula cairan semen / mani yang dihasilkan.

Mani encer, merupakan sebuah tanda pasti, bahwa pria yang bersangkutan sedang memiliki hormon testosteron yang rendah.

Bedakan antara mani dan sperma ya bun, karena banyak para bunda yang mengira kedua hal ini adalah hal yang sama.

MUDAH CAPEK / TIDAK BERSEMANGAT

mudah-capekPria yang memiliki hormon testosteron yang rendah, dilaporkan memiliki energi yang kurang dan sering merasa lelah dan mudah merasa capek.

Jika suami sering mengalami hal ini terutama sering merasa mengantuk dan kurang bersemangat setiap saat, meski sudah banyak beristirahat dan makan cukup, atau kurang mendapatkan motivasi untuk berolah raga,

Bisa dipastikan suami anda juga sedang memiliki kadar hormon testosteron yang rendah pula.

MASSA OTOT MENGECIL

masa-otot-mengecilKarena testosteron juga memiliki andil dalam pembangunan dan penguatan otot, pria dengan hormon testosteron yang rendah akan menyadari bahwa dia akan kehilangan masa otot dan tenaga.

Dia juga akan menyadari, bahwa meski sudah berolah raga dan melakukan fitness, akan sulit mengembalikan masa otot nya seperti semula.

Hal Yang Dapat Menjaga Hormon Testosteron

Secara alami hormon testosteron akan menurun seiring dengan bertambahnya usia suami.

Namun hal ini dapat diminimalisir atau dikembalikan, dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

TIDUR YANG CUKUP DAN BERKUALITAS

pria-tidur-berkualitas

Seperti pada umumnya, tubuh akan memperbaiki dirinya dari kerusakan secara maksimal saat tidur.

Begitu juga dengan produksi hormon dan sperma, terjadi secara maksimal pada saat suami anda sedang tidur.

Oleh karena itu, pastikan suami mendapatkan tidur yang berkualitas dan cukup, karena hal ini adalah langkah pertama untuk memiliki hormon yang seimbang dan sperma yang berkualitas pula.

MENURUNKAN BERAT BADAN BERLEBIH

menurunkan-berat-badan-pria

Berat badan berlebih pada pria menurunkan kadar hormon testosteron, dan menaikkan hormon estrogen, sehingga pria akan menjadi gemuk dan memiliki tubuh mirip wanita.

Dengan mengembalikan tubuh ke berat badan ideal, produksi hormon estrogen akan ikut menurun, dan memberi ruang bagi hormon testosteron untuk mengambil alih semuanya.

CUKUPI ASUPAN ZINC

zinc untuk produksi hormon testosteron

Sudah kita bahas di artikel sebelumnya, zinc merupakan komponen utama pada pembentukan dan produksi sperma.

Tapi zinc juga dibutuhkan untuk memproduksi hormon testosteron, karenanya baca kembali artikel tentang makanan penyubur sperma dengan kandungan zinc terbanyak ini, untuk mengetahui makanan apa saja yang baik untuk kesuburan suami anda.

KURANGI / STOP KONSUMSI GULA

stop-gula

Gula adalah musuh utama penurunan berat badan, karena gula adalah penyumbang terbesar dalam proses naiknya berat badan.

Gula dapat berasal dari banyak sumber termasuk diantaranya gula pasir sebagai pemanis, sirup, permen, minuman ringan, limun, gula halus, dan sejenisnya.

Bila suami termasuk orang yang memiliki berat badan berlebih, coba cek kembali porsi konsumsi gulanya setiap hari.

Anda akan terkejut setelah menghitungnya =)

KONSUMSI LEMAK YANG SEHAT

buah-alpukat-lemak-sehat

Tidak semua lemak itu jahat, karena terdapat pula lemak yang baik yang justru dapat membantu menjaga kadar hormon testosteron dan kesuburan.

Salah satu contoh lemak yang baik, ada pada buah ALPUKAT, dimana buah ini memiliki kadar lemak baik yang cukup tinggi, bila dimakan langsung.

Sayangnya, banyak orang menambahkan gula dan susu saat menikmati buah alpukat, sehingga menurunkan kualitasnya.

Makanan Untuk Memproduksi Lebih Banyak Hormon Testosteron

Selain melakukan hal yang dapat menjaga kadar hormon testosteron, mengkonsumsi makanan berikut ini dapat membantu mengembalikan hormon testosteron suami.

TUNA

tunaTuna sangat kaya akan vitamin D ya bun. Tuna juga baik untuk jantung, dan memiliki protein yang tinggi serta menurunkan kalori.

Baik memakannya secara langsung atau lewat tuna kalengan, mengkonsumsi tuna secara teratur akan meningkatkan produksi hormon testosteron suami anda.

Jika suami bukan penggemar tuna, maka bisa diganti dengan ikan yang lain seperti salmon atau sarden.

Namun ingat bahwa konsumsi secukupnya dan sewajarnya saja, karena terlalu banyak mengkonsumsi asam lemak dari ikan terlalu tinggi, dapat meningkatkan resiko kanker prostat.

SUSU RENDAH LEMAK

susu-rendah-lemak-jenuhSusu adalah sumber protein dan kalsium yang sempurna.

Baik pria, wanita dan anak anak sangat dianjurkan untuk minum susu, untuk kesehatan tulang dan giginya.

Vitamin D dalam susu juga membantu mengontrol kadar hormon testosteron agar tetap wajar.

Pastikan anda memilihkan susu yang dibungkus dengan karton yang diperkaya vitamin D, dan pilih susu rendah lemak atau susu skim, karena  susu ini umumnya rendah asam lemak jenuhnya =)

KUNING TELUR

kuning-telurKuning telur bun, sangat kaya akan vitamin D.

Meski kolesterol punya reputasi yang buruk, kuning telur memiliki nutrisi
yang lebih banyak dari pada putih telur.

Kolesterol pada kuning telur justru dapat membantu mengembalikan hormon testosteron yang rendah.

Jika suami TIDAK memiliki masalah dengan kolesterol sebelumnya, makan SATU butir telur setiap hari masih aman untuk dilakukan.

KERANG

kerangZinc adalah nutrisi yang penting pada masa puber, dan efeknya dapat membuat hormon pria seimbang selama perjalanannya menuju kedewasaan.

Pria dengan testosteron yang rendah, sangat mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi makanan dengan zinc yang tinggi.

Dan kerang, adalah makanan dengan kadar zinc yang tertinggi, sehingga membantu mengembalikan hormon testosteron.

UDANG

udangSesekali memakan udang atau lobster dapat menjaga kadar hormon testosteron tetap seimbang.

Terima kasih kepada kadar zinc yang tinggi pada udang dan lobster ini, karena selain lezat, kadar zinc nya cukup tinggi.

Pada 3 ons daging lobster, terkandung 43% zinc untuk memenuhi kebutuhan zinc harian suami anda.

DAGING SAPI

daging-sapiAda banyak masalah kesehatan yang dikaitkan dengan konsumsi daging yang berlebihan, karena konsumsi daging merah berlebihan sering dikaitkan dengan kanker.

Namun, beberapa jenis daging sapi memiliki nutrisi yang meningkatkan hormon testosteron.

Hati sapi, adalah sumber vitamin D yang tinggi, sementara ground beef atau daging sapi cincang, mengandung zinc yang tinggi.

Untuk menjaga konsumsi lemak yang aman, cukup konsumsi sedikit saja dan hindari mengkonsumsinya setiap hari.

SUPLEMEN VITAMIN D

vitamin-dVitamin D adalah nutrisi yang membantu tubuh dalam menyerap kalsium, dan penting untuk kesehatan tulang serta daya tahan tubuh.

Vitamin D, juga dikaitkan dengan produksi testosteron saat dilakukan penelitian pada orang yang diberikan vitamin D setiap hari, memiliki peningkatan hormon testosteron secara signifikan.

Konsumsi makanan diatas secara bergantian dan jadikan sebagai bagian dari gaya hidup, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjaga kadar hormon testosteron suami anda.

Dilengkapi dengan olah raga yang benar dibawah ini, maka hormon testosteron suami anda akan semakin seimbang. Dibawah ini contoh,

Cara Meningkatkan Hormon Testosteron Dengan Olah Raga

Makanan sebenarnya hanya sedikit menyumbangkan produksi hormon testosteron, karena penyumbang dan pemicu terbesar terbentuknya hormon ini adalah “aktifitas fisik”.

Dan olah raga teratur setiap hari, memicu produksi hormon ini secara massal.

Berikut ini tipe olah raga yang dapat memicu produksi hormon testosteron secara maksimal dalam hitungan hari saja:

SPRINT

lari-sprint

Sprint adalah lari jarak pendek yang dilakukan dengan kecepatan tinggi dan dilakukan dalam waktu yang singkat.

Berbeda dengan marathon, sprint memicu tubuh memproduksi hormon testosteron bahkan setelah selesai melakukan sprint, hormon ini masih akan tetap tinggi.

Untuk melakukan sprint, berikut sedikit panduannya :

  1. Lakukan pemanasan  terlebih dahulu.
  2. Lakukan sprint ( lari sekencang-kencangnya), selama 15 detik, sejauh mungkin.
  3. Istirahat selama 1 menit.
  4. Lakukan lagi sebanyak 2x

Jangan melakukan sprint lebih dari 15 detik untuk hasil yang optimal, dan lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik dalam menjaga kadar hormon testosteron suami anda.

ANGKAT BEBAN

angkat-beban

Angkat beban disini, bukan dengan mengangkat beban yang ringan sampai medium, tanpa kesulitan sama sekali.

Angkat beban disini, dilakukan dengan beban yang berat, dan dilakukan semaksimal mungkin sampai tidak mampu lagi melakukan, karena dibutuhkan beban yang berat untuk memproduksi hormon testosteron.

Contoh dalam melakukan angkat beban :

  1. Lakukan pemanasan.
  2. Lakukan push up, selama 20 detik, secepat mungkin dan sebanyak mungkin.
  3. Istirahat selama 10 detik.
  4. Lakukan lagi sebanyak 2x, sampai tidak mampu melakukan lagi.

Contoh lain olah raga angkat beban yang bisa dilakukan adalah bench press, angkat barbel, sit up, dan semacamnya.

HINDARI KARDIO YANG LAMA

no-kardio

Kardio, adalah olah raga yang ditujukan untuk membangun stamina seperti berlari jarak jauh, marathon dan latihan latihan ringan, yang dilakukan dengan waktu yang lama.

Kardio baik untuk membangun stamina, tapi justru menurunkan kadar hormon testosteron.

Jadi bila suami ingin berolah raga untuk meningkatkan hormon testosteron, hindari dulu melakukan aerobik atau kardio yang lama.

Cukup sebagai pemanasan saja, sebelum melakukan latihan beban.

KESIMPULAN

Inti dari meningkatkan hormon testosteron adalah, memakan makanan yang kaya akan zinc, dan melakukan olah raga yang singkat namun berat untuk memicu produksinya didalam tubuh.

Olah raga yang baik untuk meningkatkan produksi hormon testosteron, adalah angkat beban dan menghindari melakukan kardio yang terlalu lama.

Ingat bahwa hormon testosteron adalah hormon pria, jadi semua latihan disini sebaiknya hanya dilakukan oleh suami saja =)

Ikuti petunjuk diatas dan lakukan sebagai bagian dari gaya hidup, saya jamin produksi hormon suami akan meningkat dan tetap tinggi dan menjaga kesuburannya tetap pada level yang maksimal.


Review Buku - Tips Hamil dr Rosdiana Ramli SpOG
Konon buku ini telah memandu banyak ibu untuk cepat hamil. Saya membelinya dan mereview buku ini untuk anda.
Klik disini untuk mengetahui seperti apa isinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *